top of page

6 Jenis Kertas Cetak dan Kegunaannya

DSC

4 Jun 2024

Kertas cetak merupakan salah satu bahan penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Dari dokumen penting, buku, majalah hingga kemasan produk, kertas cetak selalu hadir dan memiliki peran penting. Namun tidak semua jenis kertas cetak sama. Masing-masing memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis kertas cetak yang umum digunakan beserta kegunaannya :

1. Kertas HVS

Kertas ini umum digunakan untuk mencetak dokumen di sekolah dan di perkantoran. Gramasinya bervariasi dari 70gr, 80gr, hingga 100gr. Selain warna putih, ada beberapa alternatif warna lain seperti kuning, pink dan hijau.

 

2.  Art Paper

Bahan kertas yang sering digunakan untuk brosur, majalah, undangan, dll. Memiliki gramasi yang beragam dari 100gr, 120gr, dan 150gr. Permukaannya licin dan mengkilap sehingga terlihat mewah dan menarik perhatian.

 

3.  Art Karton

Kertas ini banyak digunakan untuk kartu nama, katalog, company profile, brosur, dll. Gramasinya cukup tebal dari 190gr, 210gr, 230gr, 260gr hingga 310gr. Material ini memiliki tekstur yang agak kasar dan tebal sehingga memiliki daya tahan yang baik.

 

4. Duplex

Duplex umum digunakan untuk pembuatan box atau kemasan produk karena sifatnya yang kokoh. Gramasi yang umum dipakai adalah 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, dan 400gr. Duplex memiliki beberapa varian jenis dan warna. Ada yang memiliki abu-abu pada 1 sisi dan putih pada 1 sisi lainnya dan juga ada yang putih pada kedua sisinya.

 

5.  Ivory

Ivory umum ditemukan sebagai pengemas produk kosmetik dan kotak makanan. Gramasinya cukup tebal yaitu 210gr, 230gr, 250gr, 270gr, 300gr, dan 350gr. Hampir mirip dengan art karton, kedua sisi Ivory berwarna putih namun hanya 1 sisi saja yang licin.

 

6.  Corrugated

Karton bergelombang yang umumnya masih ditempel lagi dengan bahan kertas lainnya. Ketebalan bahan ini dikategorikan B flute (gelombang besar) dan E flute (gelombang kecil). Bahan ini sering digunakan untuk mengemas paket pengiriman karena sifatnya yang kaku dan kuat.

 

Kertas cetak memiliki berbagai jenis dan kegunaan. Dengan memahami karakteristik dan kegunaannya, Anda dapat memilih jenis kertas yang tepat untuk kebutuhan Anda.

 

DSC Finishing melayani potong kertas gulungan menjadi lembaran. Pesan sekarang melalui link ini, sertakan juga ukuran dan total yang Anda butuhkan dengan detail untuk dapat mempercepat proses.

bottom of page