top of page

Jenis Kertas yang Umum Digunakan Sebagai Kemasan Makanan

DSC

15 Mar 2024

Kemasan makanan adalah elemen kunci dalam industri makanan dan minuman. Selain mempertahankan kesegaran produk, kemasan juga membantu mengamankan produk dari kontak luar secara langsung.

Bicara soal keamanan, ternyata tidak semua jenis kertas memiliki kualitas food grade atau aman untuk makanan. Mari kita bahas beberapa jenis kertas yang dapat digunakan sebagai kemasan makanan:

 

1.    Kraft

Kertas Kraft memiliki warna coklat dengan permukaan agak kasar. Tingkat elastisitas jenis kertas ini cukup tinggi sehingga tidak mudah robek. Namun, kertas kraft biasanya tidak di warna karena warna dasarnya yang coklat.

 

Gramaturnya cukup beragam mulai dari 125-440 gsm.

 

2.   Duplex

Kertas ini mempunyai dua sisi permukaan yang berbeda. Sisi satu berwarna putih dan mengkilap sementara sisi lainnya berwarna abu-abu dengan tekstur agak kasar. Desain akan dicetak pada sisi yang putih.

 

Gramaturnya bervariasi seperti 250, 270, 310, 350 hingga 400 gsm.

 

3.   Ivory

Kertas Ivory memiliki dua permukaan berwarna putih. Namun hanya satu sisi saja yang mempunyai permukaan halus dan glossy. Kertas ini sudah mempunyai standar food grade sehingga aman untuk kemasan makanan.

 

Kertas ini mempunyai beberapa gramatur seperti 250, 270, 310, 350, dan 400 gsm.

 

Dengan memilih jenis kertas food grade yang sesuai, Anda dapat memastikan bahwa produk makanan Anda tetap aman, segar dan terjaga kualitasnya hingga ke tangan konsumen.

 

DSC Finishing sudah berpengalaman dalam melayani dan mengatasi kebutuhan lem kemasan rekanan. Hubungi kontak kami untuk konsultasi.. gratis! Kami siap melayani Anda.

bottom of page