top of page

4 Tips Memilih Material Kertas Cetak

DSC

15 Feb 2024

Untuk dapat memilih kertas yang tepat kita perlu pahami jenis, tekstur, gramatur dan ukuran kertas sebagai bahan pertimbangan.

Bisnis cetak yang sukses tidak hanya bergantung pada teknologi cetak yang canggih, tetapi juga pada pemilihan kertas yang tepat. Untuk dapat memilih kertas yang tepat kita perlu pahami jenis, tekstur, gramatur dan ukuran kertas sebagai bahan pertimbangan.


 

1.   Jenis Kertas

 

Art Paper : untuk hasil cetak berkualitas tinggi yang membutuhkan warna yang tajam dan mampu tahan lama. Contohnya majalah, brosur, undangan, dll.

 

Kraft Paper : untuk tampilan alami dan bertekstur, selain itu bahan ini memiliki sifat elastis dan ramah lingkungan. Contohnya paper bag, buku, bungkus makanan, dll.

 
2.   Tekstur Kertas


Halus : Kertas coated memiliki permukaan yang halus mengkilap, tahan gores, dan menghasilkan warna tajam.

Contohnya art paper, ivory, matt paper, dll.

 

Kasar : Kertas uncoated memiliki permukaan yang lebih alami dan terasa kasar.

Contohnya HVS, koran, linen, duplex, dll.

 

3.   Gramatur Kertas

70-100 gsm : sangat tipis, cocok untuk dokumen sehari-hari dan buku.

 

100-200 gsm : ideal, cocok untuk brosur, flyer atau materi promosi lainnya

 

200+ gsm : tebal, cocok untuk kartu pos, undangan, cover buku, dll.

 

4.  Ukuran Kertas

Pilihlah ukuran kertas yang sesuai dengan jenis cetak dan tujuan proyek agar lebih ekonomis sehingga tidak membuang-buang banyak kertas saat dicetak dan lebih hemat.

 

Contoh ukuran kertas : Plano, format A, format B, format C dan F4.

 

Dengan memahami beberapa faktor diatas, pebisnis dapat mengambil keputusan yang lebih tepat untuk meningkatkan kualitas layanan baik produk maupun jasa.

 

DSC Finishing berkomitmen untuk memberikan kualitas dan layanan terbaik untuk rekan-rekan. Hubungi kontak kami untuk konsultasi dan informasi kebutuhan finishing percetakan anda. Kami siap melayani rekan-rekan.

bottom of page