top of page

Perbedaan Offset Printing dan Digital Printing

DSC

6 Feb 2024

Apa itu cetak offset dan digital?

Apa itu cetak offset dan digital? Cetak Offset merupakan teknik cetak menggunakan plat yang pertama kali ditemukan pada tahun 1904. Teknik cetak ini digunakan untuk mencetak koran dan buku waktu itu. Sedangkan cetak digital merupakan teknik cetak yang muncul pada tahun 1980. Teknik ini menggunakan inkjet yang dapat langsung disemprotkan pada permukaan media cetak sehingga lebih cepat dan fleksibel.

 

Perbedaan Cetak Offset dan Digital

 

1.   Prinsip Kerja

Digital : Mencetak dengan menyemprotkan tinta ke permukaan media cetak sesuai dengan file digital yang diperintahkan dari mesin.

 

Offset : Menggunakan plat cetak yang akan dicetak ke silinder berputar, lalu silinder tersebut akan meneruskan tinta ke media cetak.

 

2.   Kualitas Cetak

Digital : Hasil cetak lebih stabil dan konsisten sehingga tidak perlu kuatir dengan kualitas warna cetak.

 

Offset : Mampu memproduksi warna yang lebih bervariasi dengan resolusi tinggi dan akurat secara konsisten.

 

3.   Kecepatan Produksi

Digital : Mampu mencetak tanpa minimal order. Selain itu, mesin cetak digital sudah menggunakan teknik yang terkomputerisasi sehingga lebih cepat.

 

Offset : Cetak offset memiliki minimal cetak tertentu dan menunggu proses pembuatan plat cetak.

 

4.  Biaya Cetak

Digital : Cenderung lebih mahal karena dihitung per unit setiap cetaknya. semakin besar volume cetak maka biaya semakin meningkat

 

Offset : Ideal untuk mencetak dalam jumlah banyak. Semakin besar volume cetak, semakin ekonomis.

 

5.   Tenaga Ahli

Digital : Mesin cetak digital sudah menggunakan teknologi komputerisasi sehingga mudah dan praktis hanya dengan memanfaatkan aplikasi.

 

Offset : Proses produksi memerlukan tenaga ahli yang paham istilah teknis pencampuran warna hingga step by step operasional mesin.

 

Kedua teknik cetak diatas masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya. Cetak offset lebih cocok untuk proyek dengan volume besar,dan kualitas tinggi karena biaya per unit yang lebih rendah. Sedangkan cetak digital cocok untuk proyek yang kecil karena cepat dan lebih fleksibel untuk diedit.

 

DSC Finishing sudah berpengalaman dalam melayani dan mengatasi kebutuhan finishing cetak offset rekanan. Hubungi kontak kami untuk konsultasi.. gratis! Kami siap melayani Anda.

bottom of page