top of page

Bagaimana Proses Kertas Dibuat?

DSC

2 Feb 2024

Kita mungkin sering mendengar bahwa kertas terbuat dari kayu. Namun, bagaimana proses membuat kertas?

Kertas merupakan alat sehari-hari yang mudah dijumpai dan gunakan. Kertas digunakan untuk berkomunikasi, berjejaring dan bertransaksi. Kita mungkin sering mendengar bahwa kertas terbuat dari kayu. Namun, bagaimana proses membuat kertas? Bagaimana kayu tersebut berubah menjadi lembaran-lembaran kertas yang siap kita gunakan?

 

1.  Bubur Kayu

Bagian kulit dilepaskan dari batang pohon karena tidak dapat digunakan dalam proses pembuatan kertas. Setelah dikuliti, batang pohon kemudian dipotong-potong menjadi bagian kecil sebelum diproses ke mesin bubur kayu.

 

2.  Membersihkan

Di dalam mesin, Bubur kayu diberi zat kimia untuk merontokkan warna pigmen kayu sehingga lebih putih. Setelah dihancurkan, bubur kertas kemudian disaring dan dikeringkan sebelum memasuki proses selanjutnya.

 

3.  Membuat Kertas

Bubur kertas disemprotkan melalui celah horizontal kemudian disebar hingga membentuk lembaran tipis. Selanjutnya lembaran tersebut ditekan di area penekanan hingga mengeluarkan 50% kadar airnya. Lembaran kertas dikeringkan dalam suhu lebih dari 100 derajat celsius diatas rangkaian silinder besi.

 

4. Finishing

Kertas yang telah dikeringkan dimasukan kedalam gulungan besar berukuran sekitar 8.5 meter menjadi gulungan kertas yang besar. Gulungan kertas tersebut dipotong menjadi ukuran yang bermacam-macam sesuai kebutuhan. Kertas siap digunakan.

 

Setiap proses pembuatan kertas memerlukan presisi dan perhatian yang detail. Kertas berperan besar dalam perkembangan manusia dan tetap menjadi produk yang dibutuhkan hingga sekarang.

 

DSC Finishing melayani jasa potong kertas gulungan yang ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Konsultasikan kebutuhan potong kertas anda melalui kontak kami. Kami siap melayani Anda dengan cepat dan akurat.

bottom of page