top of page

Perbedaan Art Paper dengan Art Carton

DSC

25 Mar 2023

Sekarang pertanyaannya adalah apa perbedaan art paper dengan art carton? dan manakah yang lebih unggul di antara keduanya?

Art paper dan art carton sudah menjadi bahan kertas yang sangat umum kita temukan disekitar kita. Sekilas kedua jenis kertas ini terlihat memiliki karakteristik yang hampir sama, namun kedua kertas ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

 

Sekarang pertanyaannya adalah apa perbedaan art paper dengan art carton? dan manakah yang lebih unggul di antara keduanya? Langsung saja kita simak penjelasan berikut:

 

1.   Art Paper



Art paper memiliki 2 sisi permukaan yang halus dan mengkilap. Gramaturnya bervariasi mulai dari 100-260 gsm. Karena sisinya yang mengkilap dan tahan air, art paper lebih cocok digunakan untuk media promosi.

 

Selain itu, Art paper merupakan jenis kertas yang berkualitas, karena memiliki keunggulan yakni sangat sulit untuk menyerap tinta sehingga dapat kering dengan cepat. Kertas ini sangat direkomendasikan untuk media cetak dengan detail kompleks.

 

2.   Art Carton



Art carton memiliki 2 sisi berwarna putih yang dapat dicetak full color. Kertas ini  tergolong tebal dengan gramatur 190 - 400 gsm. Sering digunakan untuk mencetak map, kalender, undangan, kartu nama, hard cover dan lain-lain. Perbedaan mencolok dari kedua jenis kertas diatas yaitu terletak pada ketebalannya.

 

Seperti pembahasan diatas, keduanya memiliki karakteristik yang hampir sama, namun art carton lebih tebal jika dibandingkan dengan art paper. Manakah yang lebih baik? jawabanya dapat disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Jika kalian membutuhkan hasil cetak yang lebih kokoh, sebaiknya menggunakan art karton dan sebaliknya bila membutuhkan hasil cetak dengan warna tajam, anda bisa memilih art paper untuk hasil maksimal.

 

DSC Finishing siap membantu melayani konsultasi jasa hingga kebutuhan finishing anda. Order kebutuhan finishing anda melalui kontak kami dan dapatkan penawaran terbaik sekarang juga!

bottom of page